Sejarah Abraham Lincoln

Abraham Lincoln adalah Presiden Amerika Serikat ke-16 yang menjabat sejak 4 Maret 1861 hingga peristiwa naas pembunuhannya pada 15 April 1865. Ia dikenal sebagai tokoh yang gigih melawan perbudakan dan berhasil memenangkan Perang Saudara Amerika. Lincoln lahir di Kentucky pada tanggal 12 Februari 1809 dari pasangan Thomas Lincoln dan Nancy Hanks Lincoln. Saat kecil, ia dan adik-adiknya sempat dikirim oleh kedua orang tuanya ke sekolah.

Abraham Lincoln adalah Presiden Amerika Serikat ke-16 yang memimpin bangsanya keluar dari perang saudara Amerika dan mempertahankan persatuan bangsa. Selain itu, Lincoln juga dikenal sebagai orang yang berhasil menghapuskan perbudakan.

Berikut adalah beberapa prestasi Abraham Lincoln yang berhasil Boombastis rangkumkan

1. Membuat Amerika Bersatu
2. Menghapuskan Perbudakan
3. Menerbitkan Undang-Undang Homestead
4. Menerbitkan Emancipation Proclamation
5. Menerbitkan UU Pendirian Bank Nasional

Abraham Lincoln berhasil mempersatukan Amerika yang terpecah menjadi bagian-bagian sebelumnya┬╣. Sebelum menjadi negara kuat seperti sekarang, Amerika adalah sebuah bangsa yang terpecah menjadi bagian-bagian. Menyatukan banyak daerah seperti ini tentu susah, meskipun sebagian sudah tergabung dalam koloni atau union. Pun ketika Lincoln menjabat sebagai presiden, Amerika masih terpecah┬╣. Namun, dengan kebijakan-kebijakan yang ia buat, Lincoln berhasil mempersatukan Amerika.

Beberapa tokoh penting dalam Perang Saudara Amerika antara lain

1. Abraham Lincoln – Presiden Amerika Serikat ke-16 yang memimpin bangsanya keluar dari Perang Saudara Amerika dan mempertahankan persatuan bangsa serta menghapuskan perbudakan.
2. Jefferson Davis – Presiden Konfederasi Amerika Serikat.
3. Robert E. Lee – Jenderal Konfederasi yang terkenal dan memimpin pasukan Konfederasi dalam beberapa pertempuran besar.

Abraham Lincoln adalah Presiden Amerika Serikat ke-16 yang memerintahkan penghapusan perbudakan di Amerika Serikat pada 1 Januari 1863 melalui Proklamasi Emansipasi12. Namun, sebelumnya sudah ada kelompok yang menyebut diri Religious Society of Friends atau lebih sering disebut kaum Quaker yang melayangkan petisi kepada Kongres Amerika Serikat pada 11 Februari 1790 untuk menghapuskan perbudakan1.

Lincoln memulai kariernya sebagai pengacara dan kemudian ikut mencalonkan diri sebagai wakil rakyat2. Ia menjadi salah satu tokoh yang berjasa besar dalam penghapusan perbudakan di Amerika Serikat. Pada 31 Januari 1865, Amerika Serikat melarang perbudakan tepat 157 tahun yang lalu.

Abraham Lincoln menerapkan beberapa undang-undang penting selama masa jabatannya sebagai Presiden Amerika Serikat ke-16. Beberapa undang-undang tersebut antara lain:
– Undang-Undang Homestead (1862) yang memberikan tanah secara gratis kepada orang-orang yang ingin menetap di wilayah barat Amerika Serikat.
– Undang-Undang Morrill (1862) yang memberikan bantuan dana kepada universitas-universitas negeri untuk meningkatkan kualitas pendidikan.
– Undang-Undang Emansipasi (1863) yang menghapuskan perbudakan di seluruh wilayah Amerika Serikat.

Abraham Lincoln dilahirkan di sebuah kabin log berhampiran Hodgenville, Kentucky pada 12 Februari 1809┬╣. Orang tuanya miskin dan tidak berpendidikan. Lincoln sendiri hanya mengecap pendidikan selama kira-kira setahun, tetapi dalam waktu singkat ia dapat membaca, menulis dan berhitung. Ketika ia beranjak dewasa, ia berusaha keras untuk menambah pengetahuannya.

Abraham Lincoln meninggal pada tanggal 15 April 1865 setelah dibunuh oleh John Wilkes Booth.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *